Jumat, 29 Mei 2009

NEWS : PELATIHAN CITIZEN JOURNALISM Ciptakan Warga Sebagai Penyedia Berita

Konsep dari Citizen Journalism atau jurnalisme kewargaan yaitu kegiatan jurnalistik yang meliputi pencarian berita hingga penyajian berita yang dilakukan warga, bukan jurnalis atau wartawan profesional. Biasanya Citizen Journalism menggunakan media on line seperti website, webblog bahkan situs-situs pertemanan seperti Friendster atau Facebook.
Untuk lebih mengenalkan tentang Citizen Journalism, Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro (Undip) Semarang mengadakan pengenalan dan pelatihan tentang Citizen Journalism pada Kamis (18/5) di lantai 2 Perpustakaan FISIP Undip Kampus Pleburan.
Pelatihan yang diikuti puluhan mahasiswa Ilmu Komunikasi Undip tersebut menghadirkan Produser TVOne Lena Sari Aristianti dan Produser Executive TVOne Ninok Hariyani yang juga alumni Jurusan Ilmu Komunikasi.
Ninok Hariyani mengatakan, untuk lebih mengembangkan Citizen Journalism di Indonesia, TVOne akan membuat sebuah program acara yang isinya berasal dari kiriman masyarakat. Hal tersebut bertujuan untuk menciptakan warga sebagai penyedia informasi.
Sementara itu Pengajar Jurusan Ilmu Komunikasi Undip Nurul Hasfi MA mengatakan konsep awal dari Citizen Journalim yaitu media yang keluar dari mainstream media, sehingga Nurul khawatir bila TVOne membuat program acara dengan konsep Citizen Journalism justru akan membuat Citizen Journalism terpaku pada aturan-aturan media. Tetapi Nurul memberi apresiasi kepada TVOne yang memberi kesempatan untuk berkembangnya Citizen Journalism di Indonesia.

Tidak ada komentar: