Jumat, 01 Mei 2009

NEWS : BEDAH BUKU PERIKLANAN ADJI WATONO Iklan Harus Bisa Kembangkan Brand

Mengiklankan sebuah brand yang merupakan market leader tidak sebatas pada mempertahankan posisi pada market share, tetapi juga harus bisa mengembangkan dan meningkatkan penjualan brand tersebut.
Presiden Direktur Dwi sapta Integrated Marketing Communication (Dwi Sapta IMC) A Adji Watono mengemukakan hal itu dalam acara Roadshow Bedah Buku “Advertising That Makes Money” yang digelar Dwi sapta IMC bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ilmu Komunikasi FISIP Undip di kampus Undip Pleburan Semarang, Jumat (1/5).
Adji Watono, yang juga pernah menulis buku “Advertising That Sells” mengatakan, periklanan tidak hanya menjual, tetapi juga menghasilkan uang dan keuntungan. Agar dapat berhasil, sebuah biro iklan tidak bolah menyerah dalam membuat iklan yang diajukan oleh klien.
“Jangan pernah menyerah dan menolak permintaan klien. Di dunia periklanan tidak ada yang tidak mungkin. Yang penting ikuti insting anda dan miliki keberanian untuk bertindak dan ambil resiko. Insting tanpa nyali adalah omong kosong,” tandas Adji.
Adji kemudian menceritakan pengalamannya ketika menangani iklan sebuah produk lotion anti nyamuk yang berganti merek menjadi merek internassional. “Teman-teman biro iklan yang lain, rata-rata mengatakan saya sudah gila menerima proyek itu. Katanya itu proyek yang mustahil akan berhasil. Tetapi ternyata saya mampu menangani proyek tersebut dan berhasil membangun brand yang baru,” tutur Adji.
Adji juga menekankan pentingnya bekerja keras di bidang periklanan, tidak hanya menunggu keberuntungan datang. “Jangan tunggu keberuntungan. Bekerja keraslah dan buat keberuntunganmu sendiri,” tegas Adji.
Pembicara lain, Dosen Ilmu Komunikasi FISIP Undip Dyah Pitaloka MA mengatakan, periklanan merupakan bentuk komunikasi untuk membangun brand, sehingga perlu ada ikatan emosi antara biro iklan, klien dan produk. Selain itu periklanan juga harus mampu membangun loyalitas konsumen terhadap brand.
“Dalam bukunya, Pak Adji mengungkapkan tidak hanya loyalitas konsumen yang harus dibangun, tetapi loyalitas klien terhadap biro iklan dan loyalitas internal juga perlu dibangun. Untuk itu biro iklan perlu membangun kepercayaan klien dengan memproduksi iklan yang berkualitas,” kata Dyah Pitaloka.
Buku “Advertising That Makes Money” merupakan buku kedua Adji Watono yang berisi 12 prinsip mengelola merek menjadi market leader dan kisah sukses Adji Watono bersama Dwi Sapta IMC yang masuk dalam jajaran buku periklanan best seller. Saat ini Dwi Sapta IMC merupakan salah satu biro iklan di Indonesia yang termasuk dalam “Sepuluh Besar Biro Iklan Terbaik”.

Tidak ada komentar: