Rabu, 05 Agustus 2009

NEWS: MAHASISWA KOREA KKN DI SUSUKAN Pelajari Budaya dan Masyarakat Jawa

Sebanyak 17 mahasiswa dari Chon Buk National University Korea melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Susukan, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang selama sembilan hari, mulai (28/7) hingga (3/8). Kegiatan tersebut merupakan kerjasama Chon Buk National University dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Diponegoro.
Menurut Dekan FISIP Undip Drs Warsito SU, kerjasama tersebut berawal dari kerjasama pribadi antara Dosen FISIP Undip Yuwanto PhD dengan Chon Buk National University yang merupakan doktor lulusan univeritas tersebut. Oleh Yuwanto, kerjasama tersebut kemudian dikembangkan menjadi kerjasama dengan FISIP Undip.
Assistant Professor Jeon Je Seong, ketika ditemui KR pada kunjungan penutupan di Kampus FISIP Undip mengatakan, dalam kegiatan tersebut mahasiswa tinggal berbaur dengan masyarakat dan mempelajari budaya masyarakat, salah satunya tarian.
“Di Susukan, tari dipelajari segala umur mulai dari anak-anak hingga dewasa. Hal tersebut tidak ada di Korea, karena di Korea tarian dipelajari oleh para profesional,” kata Jeon.
Salah satu mahasiswa, Yioon Jeon, mengatakan masyarakat Indonesia, terutama Susukan sangat ramah, karena selalu tersenyum.
“Bila kami menyapa mereka, selalu dibalas dengan senyum lebar. Hal tersebut tidak kami temui di Korea,” kata Yioon.
Menurut Jeon Je Seong, kerjasama tersebut akan ditindaklanjuti menjadi kerjasama antar universitas. Menurut rencana, dua bulan mendatang, Rektor Chon Buk akan datang ke Undip dan melakukan penandatanganan Memorandum or Understanding (MoU) dengan rektor Undip. Kerjasama tersebut akan membahas pertukaran mahasiswa dan pemberian beasiswa bagi mahasiswa Undip untuk melanjutkan studi ke Chon Buk, serta kemungkinan menjalin sister university antara Chon Buk dan Undip.

Tidak ada komentar: