Jumat, 31 Juli 2009

NEWS : DIDUGA BERNUANSA POLITIS Pencopotan Sekda Kota Semarang

Dosen Jurusan Ilmu Pemerintahan FISIP Undip Drs Susilo Utomo SU menduga pencopotan jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Semarang Soemarmo HS bernuansa politis karena dilakukan menjelang Pemilihan Walikota (Pilwakot) 2010. Susilo menyampaikan hal tersebut ketika dihubungi di Semarang, Jumat(31/7).
Susilo menilai, figur Soemarmo yang memiliki jaringan kuat di lingkungan birokrasi Pemerintah Kota Semarang bisa menjadi batu sandungan bagi pihak-pihak yang berkepentingan untuk maju dalam Pilwakot 2010, terutama bagi Walikota Sukawi Sutarip yang diduga telah mempunyai calon dari kalangan keluarganya.
“Soemarmo dikhawatirkan akan menggunakan jabatan dan jaringannya yang kuat dalam birokrasi untuk memuluskan jalannya menjadi walikota. Pola yang sama digunakan Walikota Sukawi Sutarip pada Pilwakot 2005 lalu yang menggunakan jaringan birokrasi hingga tingkat RT/RW sebagai mesin politik,” kata Susilo.
Susilo menduga, pencopotan Soemarmo dari jabatan Sekda sebagai upaya untuk memutus jaringan birokrasi yang dikuasainya, sehingga akan memuluskan jalan bagi calon yang diusung Sukawi.
“Soemarmo sebenarnya merupakan anak didik Sukawi. Tetapi rupanya Soemarmo telah menjadi anak macan yang mulai besar. Jika kekuatan Soemarmo tidak diputus dengan mencopot jabatannya sebagai Sekda, Sukawi khawatir Soemarmo justru akan menjadi batu sandungan bagi calon yang akan didukungnya,” tutur Susilo.
Tentang prosedur penggantian jabatan sekda, tambah Susilo, sesuai aturan walikota harus mengajukan tiga nama ke Gubernur. Kemudian Gubernur akan melakukan fit and proper test untuk menentukan satu calon yang akan menjadi sekda definitif.
Susilo Utomo mengakui penggantian jabatan Sekda merupakan wewenang walikota, namun prosedurnya harus diusulkan dulu ke Gubernur. Secara prosedur dan normatif, penggantian Sekda Soemarmo merupakan kesalahan.
Susilo menambahkan, pengalaman yang sama terjadi di Kabupaten Demak menjelang Pemilihan Bupati (Pilbup) 2006. Sekda Kabupaten Demak dicopot dan digantikan Plt Sekda.
Seperti diberitakan di berbagai media, Walikota Semarang Sukawi Sutarip mencopot Sekda Soemarmo HS dan mengangkat Kepala Dinas Sosial, Pemuda dan Olahraga (Dinsospora) Harini Krisniati sebagai pelaksana tugas Sekda. Pencopotan Soemarmo dan pengangkatan Harini mengundang polemik di berbagai kalangan termasuk Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo dan Sekda Jateng Hadi Prabowo. Bahkan secara tegas Gubernur tidak mengakui pencopotan tersebut, dan masih menganggap Soemarmo sebagai Sekda Kota Semarang.

Tidak ada komentar: