Minggu, 21 Juni 2009

NEWS : AWARDING NITE CARAKA FESTIVAL Mahasiswa Jogja Borong Penghargaan

Mahasiswa Jogja memborong sejumlah penghargaan dalam Caraka Festival Kreatif yang diumumkan pada Awarding Nite di Rama-Shinta Ballrom Hotel Patra Semarang, Sabtu (20/6).
Mahasiswa tersebut antara lain Noviana Putri dan Priscila dari Unika Atma Jaya meraih juara kedua kategori radio script, Bernadeta Susilowati (Unika Atma Jaya/juara ketiga radio script), Muhammad Watsik (STMIK AMIKOM/juara kedua graphic design), Noviana Putri (Unika Atma Jaya/ juara kedua photography), Griseldis Kripika Loe (Unika Atma Jaya/juara ketiga photography), serta David Rianto dan Fajrin Hutami (UGM) yang mendapat penghargaan khusus dari dewan juri karena membuat strategi komunikasi dan presentasi terbaik ketika workshop.
Menurut Noviana, even Caraka Festival Kreatif tersebut sangat berkesan karena dikhususkan bagi mahasiswa.
“Berbeda dengan Phinastika di Yogyakarta yang didominasi agensi periklanan profesional sehingga porsi untuk mahasiswa sangat sedikit,” tambah Bernadeta yang pernah menjadi panitia Phinastika bersama Noviana.
Hal senada dituturkan David, dia sangat terkesan dengan even tersebut karena mendapat banyak ilmu dan pengalaman dari para ahli di dunia periklanan.
Caraka Festival Kreatif merupakan festival periklanan yang diselenggarakan Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I) Pengda Jateng bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Komunikasi Undip dan Desain Komunikasi Visual (DKV) Unika Soegijapranata Semarang.
Ketua P3I Pengda Jateng Bambang Pulunggono berharap even tersebut dapat mengangkat dan meramaikan dunia periklanan di Jateng yang masih kering dan sepi dari even-even periklanan tingkat nasional. Menurut Bambang Pulunggono, even tersebut akan dievaluasi dan diharapkan dapat menjadi program rutin P3I Pengda Jateng yang akan diadakan setahun sekali.
Sementara itu, pakar peiklanan Jateng Djito Kasilo dalam sambutannya berpesan kepada para peserta agar tetap mempertahankan kreatifitasnya karena hasil dari even tersebut tidak bisa dipetik seketika.
“Buah dari keberhasilan ini tidak bisa dipetik hari ini atau besok, tetapi butuh waktu bertahun-tahun. Kalian merupakan investasi bagi dunia periklanan Indonesia,” kata Djito.
Menurut Ketua Panitia Caraka Festival Kreatif Tegar Gigih Yudhanataru, even tersebut merupakan even periklanan pertama dan satu-satunya di Indonesia yang dikhususkan bagi mahasiswa. Tegar menuturkan, even pertama tersebut diikuti 357 peserta dari berbagai universitas se-Indonesia dengan memperlombakan lima kategori yaitu print ad, photography, design grafis, design packaging, dan radio script.
Sebelum pengumuman pemenang diselenggarakan, di tempat yang sama diluncurkan katalog P3I Pengda Jateng sebagai media interaksi antara P3I Pengda Jateng dan stakeholder, meliputi media massa dan para klien.
Ketua Bidang Daerah P3I Pusat Adnan Iskandar berharap katalog tersebut dapat membuat hubungan antara para klien, media dan P3I bisa lebih tertata dan saling mengerti serta acuan untuk melihat perkembangan dunia periklanan di Jateng.

Tidak ada komentar: