Senin, 30 April 2012

Upaya Pemerintah Penang, Malaysia Kembangkan Pariwisata

Bangun Kawasan Wisata Berkonsep One Stop Entertainment
Oleh: Dewanto Samodro dari Penang, Malaysia

Wisata di Penang, Malaysia memang kurang populer di Indonesia. Karena itu, negara terkecil kedua di Malaysia itu saat ini sedang gencar-gencarnya membangun sarana dan prasarana sekaligus mempromosikan pariwisata di sana.

Suasana Auto City di Penang, Malaysia

            Negara bagian Penang terbagi menjadi dua bagian, yaitu Pulau Pinang dan Seberang Perai yang berada di Semenanjung Malaya atau biasa disebut Tanah Besar. Bagi warga Indonesia, Penang, selain Singapura tentunya, terkenal dengan wisata medisnya. Padahal, selain rumah sakit, ada beberapa objek wisata, baik di Pulau Pinang maupun di Tanah Besar.

          Managing Director Penang Global Tourism Ooi Geok Ling mengatakan, keunggulan Penang dibanding Kuala Lumpur, banyaknya objek wisata yang dimiliki. ”Di Penang banyak objek wisata. Padahal, luas wilayah Penang relatif kecil. Karena itu, tidak perlu waktu banyak untuk mengunjungi satu tempat ke tempat yang lain,” katanya.

          Menurut dia, dalam tiga hari, seluruh Pulau Pinang bisa dijelajahi. Terdapat banyak objek wisata di pulau dengan luas 293 kilometer persegi tersebut. Mulai dari wisata sejarah hingga wisata alam. ”Kota Georgetown di Pulau Pinang mendapat predikat World Heritage dari UNESCO pada 2008. Bukan hanya beberapa bangunan, namun seluruh kota. Itu yang menjadi andalan kami dalam mempromosikan pariwisata Penang” ujarnya.

Selain Georgetown, di Pulau Pinang juga ada beberapa wisata alam seperti Tropical Spice Garden, Penang Butterfly Farm, Penang National Park, dan lain-lain. Berbagai lokasi wisata itu memberikan pengalaman wisata  alam yang beraneka ragam.

Selain Pulau Pinang yang memang sudah memiliki berbagai lokasi wisata, pemerintah Penang juga sedang mengembangkan pariwisata di Tanah Besar. Pulau Pinang dan Tanah besar telah dihubungkan dengan Jembatan Pulau Pinang sepanjang 13,5 kilometer. Saat ini juga sedang dikerjakan Jembatan Pulau Pinang II yang direncanakan sepanjang 24 kilometer.

Ahmad Redza bin Abdullah, salah satu pemandu wisata di Penang, mengatakan, jembatan yang ada saat ini menghubungkan bagian utara Pulau Pinang dengan Tanah Besar. ”Jembatan kedua nanti akan menghubungkan bagian selatan. Dengan adanya pembangunan jembatan itu, pembangunan perumahan di Tanah Besar bagian selatan juga ikut berkembang,” katanya.

Lokasi wisata di Pulau Besar yang saat ini sedang dikembangkan adalah Auto City yang berada jalur jalan tol Utara-Selatan di Seberang Perai, Penang. Auto City dikembangkan dengan konsep one stop auto food entertainment shopping. Artinya, di satu tempat, wisatawan bisa berwisata sekaligus makan, belanja, bahkan membeli atau melakukan perawatan kendaraan.

Tourism Manager Auto City Bobby Tan Teon Soon mengatakan, konsep tersebut baru pertama kali ada di Malaysia. Dalam hal belanja, Auto City juga menawarkan konsep Shop in d’ Park, yaitu berbelanja dalam nuansa taman, serta Outdoor Events. ”Auto City beroperasi sejak 2004 lalu. Saat ini kami juga sedang menambah layanan dengan bekerjasama dengan bank skala lokal dan internasional sehingga di Auto City juga ada layanan One Stop Gated Banking,” jelasnya.

Di Auto City, terdapat 30 brand otomotif dan lebih dari 30 gerai makanan dan hiburan. Sedangkan untuk Shop in d’ Park, terdapat lebih dari 100 toko dan gerai yang menjual berbagai kebutuhan pelancong. ”Shop in d’ Park dimulai sejak pukul 17.00 hingga 24.00. Konsepnya memang berbelanja di pasar malam modern, diterangi pencahayaan yang indah dengan latar belakang taman dan sungai,” pungkas Boby. (*)

             

Tidak ada komentar: